Senin, 31 Maret 2014

Hard Work



Kerja Keras
“Barang siapa yang ingin mutiara, ia harus berani terjun dilautan yang dalam”
Ir. Soekarno
            Seperti sub-bab terdahulu selalu saja ada kutipan tokoh di awal yang menggambarkan secara garis kecil bahasan apa yang akan saya jelaskan. Dari kutipan diatas itu saya akan membawa anda ke sesuatu hal di dunia ini yang akan mampu menggiring kita menjadi yang terbaik.
Memang sudah banyak orang yang telah menyadari betapa pentingnya kerja keras dalam mengarungi samudera kehidupan, namun dalam penerapannya hanya segelintir dari kita yang telah mampu melakukannya secara total dan mereka berhasil meraih apa yang di impikannya. Mereka yang telah antusias kepda mimipinya tidak akan pernah membiarkan impiannya hilang terbawa badai keterlenaan, meraka akan senantiasa selalu bekerja keras melakukan apapun untuk mewujudkannya, dan apakah anda termasuk dari mereka?
Jika anda belum bekerja keras dalam meraih impian anda maka percayalah anda tidak akan pernah sampai ke suatu hal dimana anda akan di hormati, dihargai, dan dianggap penting dalam kehidupan yang keras ini. Mulailah saat ini juga berhenti dari kemalasan anda cepatlah bangun, cepatlah menata hari ini dengan senyum semangat dari bibir anda, dan semuanya akan menjadi mudah. Buang malas anda sekarang juga jadilah pekerja keras , jadilah pekerja keras yang cerdik yang mampu mengambil setiap peluang dan mampu memanfaatkannya menjdi keuntungan.
“Jika anda ingin menjadikan sebuah pekerjaan semakin sulit, maka teruslah menundanya.”
-Olin Miller
            Bekerja keraslah saat ini juga jika anda ingin berhasil dikemudian hari, berhenti menunda pekerjaan karena semakin anda menunda pekerjaan mudah, mak pekerjaan itu akan menjadi semakin sulit, dan jika anda ingin menunda pekerjaan yang sulit itu tidak akan mungkin. Selagi pekerjaan itu masih ringan maka kerjaknalah dengan hati ikhals dengan senang hati, dan dengan penuh kerja keras supaya pekerjaan itu cepat selesai dan terselesaikan dengan baik. Lakukanlah hal itu stiap hari, setiap waktu, dan jangn pernah menundanya maka anda mampu meraih apa yang anda inginkan.
“Kerja keras tidak menjamin kesuksesan, tapi tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras”
-Mario Teguh
            Kata akhir yang ingin kita tuju sesudah kerja keras adalah sukses, sukses, dan sukses. Tapi dunia ini bukanlah hal yang mudah untuk kita pahami, tidak sedikit juga orang yang telah bekerja keras setiap hari, orang yang bangunnya lebih awal dari kita, orang yang tidurnya lebih lambat dari kita bisa saja taraf kehidupannya jauh dibawah kita. Mengapa bisa begitu ????
            Saya pun tidak tahu pasti mengapa hal itu bisa terjadi namun yang perlu anda ketahui adalah menghindari hal tersebut menimpa diri saya dan diri anda, caranya adalah dengan selalu senantiasa bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan setelah kerja keras kita karena rasa syukur adalah salah satu hal yang menekatkan hamba dengan Tuhannya. Selain bersyukur anda juga dapat memberikan rizki yang anda dapat setelah bekerja keras kepada orang-orang yang membutuhkan karena kebahagiaan akan bertambah ketika kita membaginya.
            Kerja keras tanpa dilandasi dengan rasa percaya diri dan dijalur yang tidak tepat juga akan sia-sia, maka dari itu perbanyaklah belajar dari orang-orang yang telah sukses dan berhasil karena dengan begitu kerja keras anda memilki arah dan jalur yang tepat untuk mencapai apa yang anda inginkan. Kuncinya adalah dengan tetap dan terus belajar dan bekerja keras.
            Hal diatas menyiratkan bahwa selain kerja keras anda juga perlu kerja cerdas bagaimana caranya?
            Dahulu kala, hiduplah dua orang sahabat satu bernama Embro dan satunya bernama Pipo di suatu desa yang sangat subur dan sangat makmur, sampai suatu ketika desa itu mengalami kekeringan yang sangat dahsyat dan menyebabkan penduduk kesulitan mecari air, dan satu-satunya jalan mendapatkan air adalah diatas bukit di ujung desa.
            Sampai suatu ketika, bersepakatlah para pemimpin desa untuk mengadakan suatu pengambilan air besar-besaran dengan menggunakan ember ke puncak gunung, dan setiap satu ember kecil dihargai satu keping emas.
            Mendengar adanya lowongan pekerjaan, kedua orang sahabat itupun tak ketinggalan untuk ikut bekrja mengambil air di puncak bukit. Dan bersama para pekerja lain Embro dan Pipo mendapat bayaran keping koin emas dari berapa hasil ember air yang dibawa dari puncak bukit.
            Di suatu hari, Pipo dan Embro duduk beristirahat bersama dibawah pohon, lalu Embro bercerita kepada Pipo Bahwa iya merasa hasil dari mengangkut air ini dirasanya masih kurang dan iya ingin mengajak Pipo agar mengangkut air dengan ember yang lebih besar lagi, tetapi ajakannya itu ditolak oleh Pipo yang juga memiliki ide dalam meningkatkan penghasilan mereka, Pipo mengajak Embro agar mereka membangun suatu saluran air dari bukit kedesa dengan menggunakan bambu, karena iya beralasan bahwa otot tidak mungkin selamanya bisa mengangkat ember-ember air. Mendengar ajakan itu sontak saja Embro menertwakannya dan mengatakan itu tidak akan mungkin dan mustahil dilakukan.
            Ide yang mustahil itupun Pipo coba wujudkan. Berbulan-bulan setelah selesai mengangkut air dengan menggunakan ember Pipo bekerja membuat saluran tidak mungkinnya, dan iya di tertawakan oleh orang-orang yang menganggapnya gila dan bodoh, tetapi persepsi orang-orang kepadanya tidak iya hiraukan sama sekali, iya yakin dengan dirinya, impiannya, dan kerja kerasnya. Berbeda sekali dengan Embro yang selepas bekerja waktunya iya habiskan untuk minum-minum dan berfoya-fooya tidak jelas sehingga membuat angkatan airnya semakin berkurang dikarenakan tenaganya yang semakin melemah.
            Sampailah disore hari ketika Pipo berhasil menyelesaikan saluran airnya, dan akhirnya iya sukses mengangkut air dari puncak gunung tanpa mengangkat ember lagi lalu mengalirkan airnya kepada warga-warga.
            Dari ulasan diatas saya juga mengungkapkan bahwa kerja keras tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan, anda juga memerlukan banyak faktor lain yang saling melegkapi untuk mencqapai kebahagiaan. Tapi ada satu hal yang paling penting dari semua yang anda baca tadi adalah , keberhasilan dan sukses tak akn pernah ada tanpa kerja keras dan kerja cerdas. Itulah kuncinya.
            Dan walaupun saya tidak terlalu mengenal cerita tentangnya, tapi pendapatnya yang satu ini telah menggerakan saya untuk bebuat lebih dan bertahan lebih, yang mana kira-kira pendapatnya tersebut berbunyi :
“Saya telah mempelajari kehidupan pria-pria besar dan wanita terkenal, dan saya menemukan bahwa mereka yang mencapai puncak keberhasilan adalah mereka yang melakukan pekerjaan-pekerjaan yang ada dihadapan mereka denagn segenap tenaga, semangat dan kerja keras.”
-Harry S. Truman
            Kalau boleh saya tambahkan ;…. Serta kerja cerdas lebih lengkapanya.
            Maka tunggu apalagi, segeralah tarik dalam napas anda , busungkan dada anda, katakan kepada diri anda kerja keras adalah kewajiban. Dan hanya dengan kerja keras, do’a, dan izin Allah jualah saya akan mampu untuk meraih kesuksesan.
            Kesuksesan, keberhasilan, keberuntungan tidak akan anda dapatkan seperti mudahnya mengucap manta “sim sala-bim”. Iya adalah buah dari kerja keras dan cerdas anda. Seperti kata pepatah :
“semakin anda bekerja keras semakin anda akan beruntung”
            Maka dari itu anda harus paham betul bahwa kehidupan ini mengandung sesuatu yang dinamakan hukum kausalitas (sebab-akibat) ; siapa yang memberi lebih akan mendapatkan lebih. Maka kerja keras anda adalah salah satu hal yang akan menyebabkan kesuksesan anda. Jangan berharap ada jalan pintas, karena bisa saja selama anda sibuk mencari jalan pintas, kompertitor utama anda telah menyentuh garis finis lewat jalur utama dengan kerja kerasnya. Oleh sebab itu segeralah mulai kerja keras anda dengan melangkahkan satu langkah kecil anda, karena satu mil perjalanan kerja keras akan dimulai oleh satu langkah kecil.
            Betul sekali, satu langkh kecil yang sangat berat dan sulit untuk dilakukan. Menurut Kingsley G. Ward ada dua macam anggapan orang- orang tentang kata kerja, yang pertama setiap orang menganggapp kata kerja berarti harus bangun pagi, perbuatan membosankan yang sama setiap hari, waktu bermain yang hanya sedikit, sakit kepala,, sakit punggung, dan berbagai kesengsaraan lainnya. Sedangkan yang lainnya menganggap kerja sebagai cara memutar roda keberuntungan dan mereka tidak sabar untuk memulainya.
            Saya harap, anda sebagai pembaca tidak berada digolongan pertama. Karena memutar roda keberuntungan jauh lebih menyenangkan daripada meratapi hal yang anda kerjakan sebagai penyebab sakit punggung anda. Percayalah kepada kerja anda, percayalah pada kerja keras anda, dan anda akan menemukan sesuatu yang disebut dengan keberuntungan. Tapi jangan mengharap kepada keberuntungan.
            Percayalah, jika kehidupan ini bergantung kepada keberuntungan, undian, adu nasib lewat dadu, anak panah, maka saya bukanlah orang yang paling tidak beruntung. Karena setiap kali saya ingin mendapatkan dan mewujudkan sesuatu maka kerja keraslah yang selalu saya lakukan.
            Saya memang orang yang sangat percaya kepada keberuntungan, dan bahkan saya menganggap diri saya paling beruntung diantara teman-teman saya, tapi saya sangat tidak bergantung kepada apa yang dinamakan dengan keberuntungan, keberuntungan hanya kan dating kepada sang pekerja keras, dia tidak akan menaungi orang-orang malas. Seperti kata-kata bijak :
“Percayalah keberuntungan itu ada, tapi jangan bergantung kepadanya.”
             Untuk dapat menciptakan keberuntungan dari kerja keras anda, maka anda juga harus memikirkan kata yang disebut dengan kerja cerdas, karena kombinasi keduanya ditambah strategi akan membawa anda ke sebuah gerbang yang ingin anda capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar